Kelebihan Dan Kekurangan Backbox Linux

Kekurangan dan Kelebihan Backbox Linux
Banyak yang bertanya apa kekurangan dan kelebihan backbox ketimbang system operasi linux lain ?
Disini saya hanya sedikit berbagi pengalaman saja kenapa saya bermigrasi ke backbox. sedikit cerita dari saya, satu bulan kebelakang awalnya saya menggunakan kali linux yang katanya os ini cukup tangguh dalam penetrasi (emang). tapi setelah saya menggunakan kali linux masalah" yang saya dapat cukup banyak. yang pertama saat instalasi selesai tidak bisa masuk ke desktop ada gambar komputer yang lagi sedih (bisa juga ya komputer sedih). kedua saat upgrade distribusi terjadi eror kembali (upgrade beres, pas di restart cuma keluar wallpaper doang) sampai" kerjaan saya tertunda 2 hari gara" ini. kalo di ceritain mah nyesek gan heheh
Tapi maksudnya bukan seperti itu. Setiap os linux punya kekurangan dan kelebihan masing". Intinya tergantung selera, spek hardware kompi masing". Disini saya hanya berbagi pengalaman saja saat menggunakan "linux". Dan sampai saat ini saya menggunakan linux backbox, dan sampai saat ini juga saya belum menemukan masalah seperti kemarin (mungkin belum saatnya). Untuk yang ingin mencoba backbox linux bisa agan coba di virtualbox, live usb, atau live cd sebagai bahan percobaan.
Inilah penjelasan tentang kekurangan dan kelebihan backbox versi saya, mungkin agan" bisa menambahkannya.
Kelebihan
-Untuk backbox versi terbaru, Desktop environtment menggunakan xfce yakni lebih ringan daripada desktop environtment yang lainnya seperti gnome, mate, dan unity. untuk yang belum ngerti tentang desktop environtment mungkin agan" bisa mencari referensi yang menurut agan paling terpercaya
-Penggunaan ram cukup sedikit (bagian ini ane paling suka)
-Bug dalam os relatif sedikit (tergantung situasi dan kondisi)
-Adanya tools anonymity yang terinstall dalam os. tujuannya untuk meminimalisir pencatatan ip/mac address asli saat penetrasi di lakukan
-Terdapat tools penetrasi testing yang terinstall di os. seperti metasploit, setoolkit, sqlmap, wifite, dll
-Yang pasti system operasi ini open source. siapa saja berhak untuk merubah, mengembangkan, bahkan di perbolehkan untuk remastering os ini.
-Os ini adalah turunan dari ubuntu/debian. Jadi segala sesuatu tentang debian dan ubuntu bisa kita terapkan di backbox. Jangan khawatir kalo cari tutorial di google tentang backbox itu ngga ada (mitos), kita juga bisa cari tutorial tentang ubuntu untuk di terapkan di backbox kita.
-Sangat jarang sekali terinfeksi virus. Mungkin kebanyakan orang sangat kesal dengan keberadaan virus yang terinveksi di komputer kita. File" penting kita hilang gara" virus bahkan yang katanya besok mau sidang skripsi bisa di tunda karena file skripsinya terhapus oleh virus. Menyebalkan bukan?
Mungkin Pengguna windows tau dan sudah mengalami akan hal ini.
Kekurangan
-Hak akses desktop berada di user. Setiap user yang mau install, buka, dan edit aplikasi desktop harus menggunakan akses root terlebih dahulu. Hal ini seperti halnya ubuntu pada umumnya. Namu kekurangan seperti ini merupakan juga dari kelebihan backbox. Kadang pengguna linux yang awam suka mengetik sembarang perintah yang dapat merusak system operasi. contohnya perintah seperti ini "rm -rf /*" atau apalah. Dari kekurangan inilah sangat berpengaruh sekali terhadap user yang baru belajar meggunakan linux. Karena sebelum mengetikan sembarang perintah harus menggunakan root dulu sebagai hak akses. Jadi recomend banget buat agan" yang masih awal dalam menggunakan linux.
-Tidak cocok untuk komputer gaming. Ya pada dasarya linux tidak di rancang untuk komputer gaming. Walaupun ada sebagian linux yang support untuk game tetapi di backbox tidak di seting untuk itu. Lebih tepatnya backbox di seting untuk penetration test, kalo orang" bilang sih system operasi buat seorang hacker (cie hacker).
-Type desktop kurang menarik. Walaupun desktop ini terbilang sangat ringan, tapi dalam tampilan kurang begitu menarik.

1 comments:

makasih info nya bro..
gw langsung tertarik pindah ke backbox :3


EmoticonEmoticon